Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang

promosikan aneka kerajinan rakyat

Kerajinan Tempat Lampu | Hiasan Tempat Lampu dari Batok Kelapa by Toko Gabe Handicraft

toko gabe – Pusat Kerajinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Melawi yang terletak di dekat monumen tugu juang akan segera difungsikan. Bangunan yang didirikan ini diharapkan menjadi pusat promosi dan informasi produk Kerajinan di wilayah Kabupaten Melawi. Nova, Nanga Pinoh

“Di showroom ini nanti akan ditampilkan berbagai produk kerajinan hasil karya para perajin dan seniman yang berasal dari seluruh Wilayah Kabupaten Melawi yang merupakan produk unggulan dan khas Melawi,” ujar Ketua Dekranasda Kabupaten Melawi, Ny. Henny Dwi Rini. Saat ditemui belum lama ini, Henny menjelaskan, selain sebagai Pusat Informasi dan Promosi Pusat Kerajinan Kabupaten Melawi merupakan sentra kegiatan atau “Rumah” bagi para pengrajin Melawi dalam melakukan berbagai aktivitas dan sinergitas dalam usaha pengembangan kerajinan Kabupaten Melawi.

Ini sangat selaras dengan tujuan dan fungsi Dekranasda sebagai mitra kerja pemerintah yang merupakan kelompok pencipta, pecinta, dan peminat seni kerajinan dalam masyarakat yang mempunyai persamaan dan kehendak untuk mengembangkan seni produktivitas dan pemasaran kerajinan Indonesia, sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah.

Salah satu upaya Dekranasda untuk mempromosikan produk kerajinan unggulan Kabupaten Melawi adalah melalui even-even baik ditingkat Kabupaten maupun tingkat nasional, salah satunya pada Kegiatan pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2012 yang diselanggarakan 25-29 April lalu di Jakarta Convention Center (JCC), dimana produk unggulan Melawi yaitu Mandau menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing yang datang pada pagelaran tersebut.

Sejak dibuka secara resmi oleh Presiden SBY 25 April lalu, stan Kabupatem Melawi sudah banyak di datangi para pengunjung, yang jelas produk unggulan Kabupaten Melawi yaitu Mandau Raksasa menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi turis asing yang datang ke pameran tersebut, “Stan Melawi banyak didatangi oleh pengunjungi. Mereka sangat berminat dengan mandau dari Melawi karena motifnya memiliki ciri khas tersendiri,” kata Henny. Tak Cuma itu, Kabupaten Melawi juga memiliki produk unggulan lain yang ditampilkan. Diantaranya perhiasan, kerajinan dan batik. Potensi ini merupakan kekayaan dan keunikan Kabupaten Melawi yang perlu terus diinovasi.

“Dekranasda Kabupaten Melawi akan terus mengembangkan potensi kekayaan industri kreatif. Dan kami akan terus berinovasi untuk mengembangkan kualitas melalui pembinaan yang terus-menerus dan mengikuti kegiatan-kegiatan, pameran-pameran dalam skala nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Untuk mencapai hal itu, istri orang nomor satu di Kabupaten Melawi ini menyatakan akan terus berupaya mencari informasi dan konsultasi dengan berbagai pihak. “Kami juga akan terus berkonsultasi dengan Dekranas mengenai hal yang harus diperhatikan dalam menghasilkan produk unggulan yang diminati pasar,” jelasnya.

Ditempat terpisah Kadis Perindagkop) Melawi, Drs Apelles Itang sependapat dengan apa yang diungkapkan Ketua Dekranasda Melawi. Peles mengungkapkan, dengan mengikuti even-even kerajinan bisa mempromosikan produk kerajinan asal Melawi. Ia yakin produk kerajinan ini bukan hanya diminati turis asing saja tapi wisatawan lokal yang datang dari berbagai daerah juga meminati kerajinan dari Melawi.

Mesti begitu, dalam pembuatan mandau, lanjutnya, di Melawi masih terkendala pada kuntitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang membuat mandau. Pengrajin mandau sendiri masih sedikit. Disisi lain, kreativitas untuk membuat mandau bervariasi masih kurang. Produk mandau masih berbentuk seperti itu-itu saja. Variasi hanya dalam bentuk besar dan kecil saja. Memang, dalam ekspo lalu saja sudah ada mandau yang dibuat kecil. Bisa diletakan diatas meja untuk tempat pinsil.

Pun begitu, kata Apelles, dinasnya sangat mengharapkan ada pengusaha atau pihak ketiga yang bisa membina para pengrajin mandau, sehingga produksi mandau Melawi makin banyak dan sangat kreatif. Dia pun mengaku, untuk mengembangkan usaha kecil terutama dibidang kerajinan mandau dan kerajinan lainnya, Disperindagkop tidak bisa bekerja sendiri, mesti ada keterlibatan dari dari instasi terkait, seperti dinas periwisata. Serta dewan juga mesti memberi dukungan.

SUMBER : Pontianak Post

Pembayaran :



Pengiriman :


Testimonial

Ibu Dila - Bekasi
Halo, barang sudah sampaio dengan selamat pagi ini, terima kasih, barang dan pelayanannya bagus! semoga makin sukses :)

---------------------------------

IBU VIRNA - JAKARTA
Pak Rizal, barangnya sudah saya terima. Terima kasih banyak. Regards, Virna

---------------------------------

BP. FATNAN - BANDUNG
selamat siang , terimakasih banyak , barangnya mulus dan keren ! semoga tokogabe semakin sukses dan memunculkan barang barang kreatif lebih banyak lagi , sekali lagi , terimakasih banyak tokogabe. Fatnan

---------------------------------

IBU EDI - PURWOREJO
Udah sampai gan topi Koboi nya, Trimakasih

Testimonial Lainnya

Visitor

Flag Counter